Kebugaran Jasmani

Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami


Hormon memainkan peran penting dalam kesehatan kita karena hormon mempengaruhi banyak proses di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh perubahan estrogen lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Perubahan hormon biasanya terjadi selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause.

Selain itu, faktor-faktor seperti usia lanjut, pola makan yang buruk, terlalu banyak atau terlalu sedikit olahraga, kelelahan adrenal dan stres, kurang tidur, pil KB, racun dan bahan kimia seperti pestisida sangat berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon.

Beberapa gejala umum dari masalah ini diantaranya adalah kecemasan, mudah tersinggung, perubahan suasana hati, insomnia, kelelahan, masalah berat badan, pertumbuhan rambut berlebih atau rambut rontok, migrain, dorongan seks rendah, kulit berminyak atau kering, jerawat, mengidam makanan, sindrom pramenstruasi, infertilitas dan lain-lain.

Anda dapat menggunakan pengobatan secara tradisional di rumah dan herbal untuk mengurangi gejala dan bahkan membantu memulihkan keseimbangan hormon Anda. Tapi juga penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui diagnosis  dan pengobatan yang tepat.

Mintalah saran dari dokter Anda sebelum menggunakan obat herbal atau mengkonsumsi suplemen, terutama jika Anda memiliki kondisi hormon-sensitif, seperti fibroid rahim, endometriosis, kanker payudara, kanker rahim atau kanker ovarium.

Berikut adalah 10  solusi atau cara menyeimbangkan hormon secara alami.

Asam lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 memainkan peranan penting dalam memproduksi hormon terutama sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan hormon. Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat bagi perempuan karena membantu mengurangi kram saat menstruasi dan gejala menopause. Karena antioksidan dan sifat anti-inflamasinya, lemak omega-3 juga memiliki efek mendalam pada kesehatan Anda. Beberapa sumber yang baik dari asam lemak omega-3 adalah minyak ikan, biji rami, kenari, kacang kedelai, tahu, labu musim dingin dan minyak zaitun. Jadi, kandungan nutrisi pada makanan ini bisa untuk mengobati ketidakseimbangan hormon Anda secara alami. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen omega-3 setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dosis yang umum adalah 500 mg per hari.


Akar Maca



Akar Maca


Akar Maca adalah adaptogen endokrin yang meningkatkan produksi hormon secara normal. Akar maca juga membantu membalikkan hipotiroidisme, meningkatkan kesuburan dan bermanfaat bagi libido. Akar maca menjadi sumber yang baik dari kalsium, kalium, magnesium, besi, yodium, fosfor, seng, asam lemak esensial, protein, serat dan sterol, yang sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan energi dan vitalitas. Bagaimana cara bikinnya ? Campurkan ¼ sendok teh bubuk akar maca dengan secangkir air, jus, teh herbal, smoothie  atau yogurt. Lalu konsumsi setiap hari namun secara bertahap dengan meningkatkan jumlah akar maca  hingga 1 atau 2 sendok teh selama beberapa minggu. Lanjutkan setidaknya untuk beberapa bulan.

Chasteberry 



Chasteberry


Chasteberry juga disebut Vitex, merupakan tonik hormonal yang besar peranannya bagi perempuan yang fungsinya meniru efek menenangkan dari progesteron. Vitex ini merangsang kelenjar pituitari, dengan demikian bisa mengatur keseimbangan estrogen dan progesteron. Chasteberry dianggap sangat baik untuk mengurangi sindrom pramenstruasi dan mengobati masalah menstruasi lainnya selain juga mengatur ovulasi dan meningkatkan kesuburan.  Anti-androgen alaminya dapat menurunkan kadar testosteron dan melindungi terhadap kanker prostat. Caranya, ambillah 400 sampai 500 mg bubuk chasteberry setiap hari selama beberapa bulan atau sampai Anda puas dengan hasilnya. Anda juga dapat mengambil ramuan ini dalam bentuk tingtur. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat. Perlu dicatat bahwa chasteberry dapat meningkatkan aliran menstruasi pada sebagian wanita. Jangan memakai ramuan ini selama kehamilan atau saat mengkonsumsi obat dopamin atau pengganti hormon.

Vitamin D 
Vitamin D mempengaruhi kelenjar pituitari yang menghasilkan berbagai hormon. Vitamin D juga dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan kadar estrogen yang rendah dan mempengaruhi berat badan dan nafsu makan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan pelepasan abnormal dari hormon paratiroid. Beberapa menit paparan sinar matahari, ternyata sangat membantu bagi tubuh untuk membuat vitamin D untuk mempertahankan hormon Anda. Anda juga dapat mengonsumsi makanan seperti minyak  ikan, minyak hati ikan cod, susu dan telur yang kaya akan vitamin D. Pilihan lain adalah mengkonsumsi suplemen vitamin D. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda.


Olahraga
Terlibat dalam aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk menyeimbangkan hormon Anda karena mempengaruhi produksi hormon. Olahraga juga menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang menghalangi estrogen dan merugikan kesehatan Anda secara keseluruhan.  Olahraga secara teratur akan memicu pelepasan bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati Anda. Hal ini cukup bermanfaat, sebagaimana ketidakseimbangan hormon sering menyebabkan perubahan suasana hati. Tak perlu dikatakan lagi, jika hal ini juga akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Hindari olahraga terlalu lama lebih dari 40 menit, karena dapat meningkatkan kadar kortisol Anda. Cobalah berenang, berjalan, jogging atau melakukan latihan ringan lainnya selama 20 sampai 30 menit setiap hari atau setidaknya beberapa kali seminggu. Anda juga dapat mencoba yoga dan latihan relaksasi untuk merangsang fungsi hormon dan mengurangi stres.

Minyak kelapa 
Minyak kelapa extra virgin adalah obat alami  lain yang efektif untuk menyeimbangkan hormon. Mnyak kelapa sangat berguna bagi mereka yang menderita hipotiroidisme dengan adanya asam lemak rantai menengah yang mendorong fungsi tiroid menjadi sehat. Minyak kelapa juga membantu menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan meningkatkan berat badan. Berlawanan dengan kesalahpahaman yang populer saat ini, ternyata minyak kelapa tidak buruk bagi jantung Anda, tapi justru dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Caranya, makanlah 2 sampai 3 sendok minyak kelapa extra virgin setiap hari  untuk beberapa bulan.

Fenugreek



Fenugreek


Biji fenugreek atau klabet mengandung phytoestrogen yang disebut diosgenin yang diyakini memiliki efek estrogenik. Ahli herbal sering merekomendasikan ramuan ini untuk meningkatkan laktasi dan pembesaran payudara alami. Fenugreek juga membantu meningkatkan metabolisme glukosa, sehingga berguna bagi penderita diabetes untuk menurunkan gula darah dan gangguan metabolisme glukosa yang berhubungan dengan obesitas. Caranya, celupkan 1 sendok teh biji fenugreek dalam secangkir air panas selama sekitar 15 menit. Saring dan minum teh ini 2 atau 3 kali sehari. Anda juga dapat menambahkan beberapa madu dan jus lemon untuk meningkatkan rasa. Pilihan lain adalah untuk mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda.  Jika fenugreek tidak cocok dengan Anda, pertimbangkanlah untuk mengambil adas dengan cara yang sama.

Kemangi
Kemangi adalah obat lain yang sangat baik untuk menyeimbangkan hormon karena bekerja sebagai adaptogen alami. Kemangi ini juga membantu menurunkan dan menstabilkan kadar kortisol; kortisol tingkat tinggi  bisa mempengaruhi kelenjar tiroid, ovarium dan pankreas. Selain itu, kemangi juga meningkatkan kejernihan mental dan meningkatkan suasana hati.  Cukup makan beberapa daun kemangi setiap hari untuk setidaknya beberapa bulan.  Anda juga bisa minum teh kemangi yang disiapkan dengan cara merebus beberapa daun kemangi dalam secangkir air selama beberapa menit. Saring, minum teh ini setiap hari, hingga 3 cangkir.  Pilihan lain adalah  mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen, 250 sampai 500 mg setiap hari. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.


Gingseng
Ginseng Asia (Panax ginseng) juga dikenal sebagai ginseng merah Korea, membantu mengatur kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon stres. Hal ini bertindak sebagai adaptogen untuk menjaga keseimbangan hormon yang tepat dalam tubuh Anda.  Studi menunjukkan bahwa ramuan ini juga dapat berguna dalam mengurangi beberapa gejala menopause selain  dapat membantu meningkatkan produksi sperma dan motilitas juga. Ramuan ini harus dikonsumsi dengan siklus teratur. Konsumsilah 200 hingga 400 mg ekstrak ginseng Asia (mengandung setidaknya 4 persen ginsenosides) setiap hari selama 2 sampai 3 minggu, lalu istirahat selama 3 minggu dan kemudian lanjutkan lagi. Lanjutkan hingga 3 bulan.  Perlu dicatat bahwa ramuan ini dapat berinteraksi dengan obat-obat tertentu, meningkatkan efek stimulan dan menurunkan gula darah. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Ashwagandha



Ashwagandha


Ashwagandha (Withania somnifera) adalah tanaman sejenis leci yang populer di India yang bisa membantu meningkatkan energi dan mengurangi stres dan kelelahan, membantu mengembalikan keseimbangan hormonal tubuh Anda karena bertindak sebagai adaptogen dan mengurangi kortisol. Juga meningkatkan produksi DHEA (dehydroepiandrosterone), testosteron dan androgen plus membantu meningkatkan fungsi tiroid. Caranya, ambil 300 mg ashwagandha dua kali sehari selama beberapa bulan. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Tips tambahan untuk membantu menyeimbangkan hormon secara alami.
  • Makanlah lemak sehat seperti yang terdapat di dalam alpukat dan mentega mentah.
  • Pilih makanan organik daripada non-organik.
  • Perbanyak serat dan makanan kaya phytonutrisi seperti kubis, kale, brokoli dan kubis Brussel dalam makanan Anda. Fitonutrien meningkatkan kapasitas detoksifikasi hati, sehingga membilas racun dari tubuh.
  • Ketika berhadapan dengan gejala menopause, makanlah produk kedelai yang difermentasi, namun tidak baik untuk mereka yang menderita tiroid kurang aktif.
  • Mengurangi karbohidrat olahan dari makanan Anda dengan menghindari makanan olahan dan makanan kemasan.
  • Batasi asupan kafein Anda karena akan meningkatkan kadar kortisol yang memperlambat fungsi tiroid Anda.
  • Kelola stres Anda dan cukup waktu tidur.
  • Menghindari hormon sintetis, seperti pil KB.
  • Mengurangi paparan racun di sekitar lingkungan, terutama dengan membatasi penggunaan plastik.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Hormon
Back To Top