Penyebab Penyakit Trypophobia

Apakah sobat baru mendengar istilah trypophobia ? Saya juga mengetahui istilah ini baru-baru ini. Nah, sebelum kita membahas penyebab penyakit trypophobia, alangkah baiknya jika kita mengenal dulu apa itu penyakit trypophobia.

Pengertian trypophobia

Penyakit trypophobia adalah sejenis penyakit karena ketakutan pada lubang. Memang rada aneh terdengarnya, namun fobia ini sekarang sudah ada walaupun belum begitu terkenal. Lubang yang dimaksud adalah lubang pada sebuah benda, baik itu lubang alami maupun lubang yang dibuat manusia yang polanya rapat berulang serta memiliki pori-pori. Bahkan gambar lobang pun akan membuat si penderita menjadi tersiksa.

Misalnya lubang pada sarang lebah, lubang pada karang, sarang semut, pori-pori yang membesar, sumsum tulang dan lainnya. Pobia pada lubang ini bisa menyebabkan kepanikan, migren, keluar keringat, mual dan bahkan serangan jantung.


Penyebab Penyakit Trypophobia


Penyebab trypophobia

Lalu apa saja yang menjadi penyebab timbulnya penyakit trypophobia ini ? Penyebab Trypophobia sampai saat ini belum bisa dipastikan. Tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Essex Inggris, penyebab Trypophobia adalah karena kondisi traumatis  ketika anak-anak yang membekas hingga dewasa. Misalnya trauma melihat hewan beracun yang punya pola tubuh berlubang berulang.

Penyakit ini bisa sembuh dengan melawan rasa takut yang berlebihan tersebut oleh si penderita. Dengan latihan melihat hal-hal yang ditakutinya, maka lambat laun penyakit tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jadi dengan mengetahui penyebab penyakit trypophobia diharapkan kita bisa dengan sendirinya melawan jenis fobia tersebut sampai tuntas.

Untuk lebih jelasnya, sobat harus baca artikel lainnya yang berjudul cara menghilangkan trypophobia.

Tag : Trypophobia
Back To Top