Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya


Kali ini blog info kesehatan terbaru, tiba-tiba ingin sekali share seputar pengertian kebugaran jasmani dan manfaat dari kebugaran jasmani tersebut. Tentunya dengan mengetahui manfaat tersebut, Saya juga khususnya yang menulis artikel ini bisa memperoleh manfaat yang lebih dari kebugaran jasmani tersebut.

Sebelum Saya menjelaskan manfaat dari kebugaran jasmani, ada baiknya juga kita mengetahui apa yang dimaksud kebugaran jasmani. Hasil investigasi Saya terhadap beberapa blog, akhirnya ketemu bahwa arti dari kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang melakukan banyak aktivitas fisik atau pembebanan tubuh tanpa merasakan lelah yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Jadi ini tentu saja berhubungan dengan kondisi ke-fit-an tubuh seseorang yang tentu saja berbeda antara tiap orang.

Selain pengertian di atas, Saya juga kemukakan pengertian kebugaran jasmani menurut para ahlinya yaitu menurut Djoko Pekik dan Judit Rink. Menurut Djoko Pekik, yang dimaksud kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih menikmati waktu luangnya. Sedangkan menurut Judit Rink dan Mochamad Sajoto, pengertiann kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan berarti dengan pengeluaran energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan gerakan dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan.

Ada tiga unsur penting dalam kebugaran jasmani, yakni fisik, fungsi organ dan respon otot. Fisik biasanya berkenaan dengan otot, tulang dan lemak. Adapun fungsi organ berkenaan dengan efisien sistem jantung, pembuluh darah dan pernapasan. Sedangkan respon otot berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecepatan dan ketahanan.

Saya tentunya beda kadar kebugaran jasmaninya dengan sobat semua. Hal ini tergantung kebiasaan masing-masing individu. Misalnya kuli panggul tentu punya kadar kebugaran jasmani lebih kuat daripada Saya yang kerjaannya hanya menulis di depan laptop. Kuli panggul bisa saja kuat mengangkat beban sekarung jagung seberat 1 kuintal, tapi Saya hanya kuat menggendong istri saja yang beratnya cuman 50 kiloan.


Pengertian Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya


Namun bukan berarti kemampuan kebugaran jasmani tidak bisa berubah. Tiap orang bisa meningkatkan kadar kebugaran jasmaninya dengan latihan kebugaran jasmani secara bertahap dengan olahraga atau kerja fisik secara rutin tentunya. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, banyak sekali manfaat yang diperoleh diantaranya :
  • mempertahankan atau meningkatkan kadar kebugaran jasmani tubuh
  • meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari
  • mencegah cidera selama melakukan kegiatan fisik yang dianggap berat 
  • meningkatkan daya kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit 
  • membentuk sikap dan gerak dan mengadakan koreksi terhadap kesalahan sikap dan gerak tersebut.
  • membentuk kondisi fisik berupa kekuatan otot, kelincahan, ketahanan, keluwesan, dan kecepatan.
  • membentuk berbagai sikap kejiwaan diantaranya membentuk keberanian, kepercayaan, dan kesiapan diri, serta kesanggupan bekerja sama.
  • memberikan rangsangan bagi pertumbuhan tubuh, khususnya bagi anak-anak.
  • memupuk rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan juga masyarakat. 
  • meningkatkan aspek atau unsur-unsur kesehatan seperti lancarnya sistem sirkulasi darah  serta menurunkan kolesterol.
  • memiliki kemampuan pemulihan setelah melakukan latihan.
  • memiliki respon tubuh yang baik
  • memperoleh kualitas hidup yang lebih baik.
  • meningkatnya kerja organ tubuh seperti jantung dan paru-paru.
Itulah beberapa pengertian kebugaran jasmani yang Saya tahu serta berbagai manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa diperoleh.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : kebugaran jasmani
Back To Top